dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa
kelas 1 SDIT Al-Farabi tahun ajaran 2023-2024. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui faktor penyebab dan pendukung kesulitan membaca siswa kelas
1 SDIT Al-Farabi. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif
kualitatif. Metode deskriptif kualitatif adalah kegiatan yang meliputi
pengumpulan data dalam rangka menguji hipotesis atau menjawab pertanyaan
yang menyangkut keadaan pada waktu yang sedang berjalan dari pokok suatu
penelitian. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan di SDIT Al- Farabi Tanjung Selamat. Objek penelitian ini adalah kemampuan membaca
literasi pada siswa kelas 1 SDIT Al-Farabi. Instrumen penelitian ini adalah
wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan alat bantu rekam. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat 12 siswa mengalami kesulitan membaca. Aspek-aspek yang mempengaruhi kesulitan membaca pada siswa kelas 1 SDIT
Al-Farabi adalah kesulitan mengenal huruf, kesulitan membedakan huruf, kesulitan melafalkan huruf dengan benar dan kesulitan dalam merangkai kata
yang dieja. Namun, aspek yang lebih dominan terjadi adalah kesulitan dalam
membedakan huru |
en_US |