Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan
penguatan karakter kewarganegaraan (civic disposition) melalui mata
pelajaran PKn di SMP Negeri 7 Medan berhasil meningkatkan kesadaran
hukum berlalu lintas pada siswa agar tumbuh menjadi warga negara yang
berkarakter dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Adapun rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mata pelajaran PKn mampu
menguatkan karakter kewarganegraan (civic disposition) khususnya dalam
meningkatkan kesadaran hukum berlalu lintas pada siswa di SMP Negeri 7
Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pendekatan kualitatif
adalah suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa
kata-kata tertulis atau lisan orang-orang dan perilaku yang dapat diamati.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif yaitu analisis data dalam bentuk kata – kata, kalimat atau paragraf
yang dinyatakan dalam bentuk deskriptif dalam tiga tahapan yaitu reduksi
data, paparan data dan penarikan kesimpulan sehingga dapat memberikan
gambaran masalah yang sedang diteliti SMP Negeri 7 Medan, Sumber
datanya yaitu Guru Pendidikan Kewarganegaraan SMP Negeri 7 Medan,
serta teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Mata pelajaran PKn mampu menguatkan karakter
kewarganegraan (civic disposition) khususnya dalam meningkatkan
kesadaran hukum berlalu lintas pada siswa di SMP Negeri 7 Medan karena
nilai-nilai yang ditanamkan bukan hanya sekedar materi namun juga
dilakukan penguatan terhadap nilai-nilai tersebut agar siswa memiliki
karakter sebagai seorang warga negara yang baik.