Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi
minat masyarakat untuk menggunakan layanan mobile banking pada Bank
Muamalat KC Medan Balaikota. Metode penelitian menggunakan metode
kuantitatif, sumber data yang dugunakan data primer. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner/angket, dengan jumlah sampel 100 nasabah dengan
teknik aksidental sampling (pengambilan sampel secara kebetulan). Analisis data
yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi
linier berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Dengan menggunakan
program SPSS Versi 23 diperoleh hasil penelitian secara parsial variabel
kemudahan pengguna (X1) mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat
nasabah menggunakan mobile banking dengan nilai > (3.072 > 1.985),
kemanfaatan (X2) mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat nasabah
menggunakan mobile banking dengan nilai > (2.547 > 1.985), kenyamanan (X3)
mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat nasabah menggunakan mobile
banking dengan nilai > (6.693 > 1.985), kepercayaan (X4) mempunyai pengaruh
signifikan terhadap minat nasabah menggunakan mobile banking dengan nilai >
(3.161 > 1.985). Secara simultan variabel kemudahan pengguna (X1),
kemanfaatan (X2), kenyamanan (X3) dan kepercayaan (X4) menyatakan bahwa
ada pengaruh signifikan secara bersama-sama terhadapa minat masyarakat
menggunakan mobile banking dengan perolehan fhitung (116.505) > ftabel (2.47)
dan nilai signifikan sebesar (0.000 > 0.05), nilai Rsquare sebesar 83.1% sedangkan
sisanya 16.9% dijelaskan faktor lain.