Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana etika berdigital siswa kelas
XI di SMA Swasta Dharma Patra Pangkalan Brandan dan bagaimana merevitalisasi
civic disposition untuk meningkatkan etika berdigital di era 5.0 society bagi siswa
kelas XI di SMA Swasta Dharma Patra Pangkalan Brandan. Jenis penelitian ini
adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif bertujuan untuk
mendeskripsikan atau menggambarkan suatu masalah, situasi atau fenomena
secara akurat dan sistematis. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data dengan cara
mereduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan sehingga
dapat memberikan gambaran masalah yang sedang diteliti. Hasil penelitian ini
menunjukkan revitalisasi civic disposition untuk meningkatkan etika berdigital di
era 5.0 society di SMA Swasta Dharma Patra Pangkalan Brandan dapat dilakukan
melalui pembelajaran PPKN. Karena fungsi pendidikan kewarganegaraan adalah
sebagai sarana untuk membentuk warga negara yang cerdas, terampil dan
berkepribadian yang setia kepada bangsa dan negara Indonesia dengan
mencerminkan diri dalam kebiasaan berpikir dan bertindak sebagaimana
diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945