Abstract:
Pelayanan publik diibaratkan sebagai sebuah proses, dimana ada orang
yang dilayani dan melayani, dan jenis dari pelayanan yang diberikan. Sehingga
kiranya pelayanan publik memuat hal-hal pokok yang berbeda dengan pelayanan
yang diberikan swasta. Khusunya pemerintah desa Pasar Batahan Kabupaten
Mandailing Natal dintutut untuk mewujudkan disiplin aparatur desa dengan
upaya peningkatan efektivitas pelayanan. Tujuan penelitian untuk mengetahui
bagaimana efektiitas pelayanan primadalam meningkatakan kinerja aparatur desa
di Desa Pasar Batahan Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian ini
menggunakan metode kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
dalam penelitian adalah purposive sampling. Data yang dikumpulkan dalam
penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Hasil pada penelitian meujukkan
tingkat kesadaran pegawai dipengaruhi oleh beberapa fakor seperti
kepemimpinan, aturan dan lingkungan kerja yang positif, Adanya aturan yang
menunjang keteraturan organisasi, Faktor organisasi dalam pelayanan public di
Desa Pasar Batahan terlihat bahwa kesiapan organisasi sudah baik, Kemampuan
dan ketrampilan pegawai dalam menjalankan pelayanan public di desa yang
belum merata, Mengenai ketersediaan sarana pelayanan yang dimiliki oleh kantor
Desa Pasar Batahan, dimana ketersediaan alat memang telah tersedia serta mampu
dioperasikan oleh pegawai.