Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL OLEH SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author PAGAN, ENDANG SARI
dc.date.accessioned 2023-11-27T07:32:18Z
dc.date.available 2023-11-27T07:32:18Z
dc.date.issued 2023-11-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23172
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Modelling The Way terhadap kemampuan menulis teks fabel oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Medan tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Medan. Sampel penelitian ini adalah siswa dari kelas VII-2 yang berjumlah 22 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model ini adalah tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan siswa dalam menulis teks fabel sebelum menggunakan model pembelajaran Modelling The Way rata-rata 64,31 termasuk dalam kategori cukup. Sedangkan kemampuan siswa dalam menulis teks fabel sesudah menggunakan model pembelajaran Modelling The Way rata-rata 76,81 termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan uji t diketahui dari nilai thitung > ttabel yaitu 5,27 > 1,72 dengan ini hipotesis terbukti diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Modelling The Way terhadap kemampuan menulis teks fabel pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023 en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model Pembelajaran Modelling The Way en_US
dc.subject Kemampuan Menulis Teks Fabel. en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL OLEH SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account