Research Repository

Pengaruh Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Memory Training (Daya Ingat) Pada Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Sekedang, Rahim
dc.date.accessioned 2020-03-10T05:01:09Z
dc.date.available 2020-03-10T05:01:09Z
dc.date.issued 2018-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2315
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi untuk meningkatkan memory training (daya ingat) pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini berupa preeksperimen dengan desain one group pre and post test design. Jumlah populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 488 siswa, sedangkan yang menjadi sampel sebanyak 31 siswa dengan menggunakan perposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakannya layanan informasi (pre-test) keadaan memory training (daya ingat) siswa dengan rata-rata 43,97 dan setelah dilaksanakan layanan informasi (post-test) keadaan memory training (daya ingat) siswa mengalami perubahan dengan rata-rata 79,85. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung= 5,370 dengan menggunakan taraf signifikan nyata (a = 0,05) dan dengan d.b = n – 1. Maka diperoleh ttabel= 2,039. Karena nilai thitung> ttabel (5,370 > 2,039) maka dapat dikatakan bahwa Ha diterima H0 ditolak. Sehingga kesimpulannya adalah “terdapat pengaruh yang signifikan layanan informasi untuk meningkatkan memory training (daya ingat) pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018”. en_US
dc.subject Layanan Informasi en_US
dc.subject Memory Training (Daya Ingat) en_US
dc.title Pengaruh Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Memory Training (Daya Ingat) Pada Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account