dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi
untuk meningkatkan memory training (daya ingat) pada siswa kelas VIII
Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini berupa preeksperimen
dengan desain one group pre and post test design. Jumlah populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 488 siswa,
sedangkan yang menjadi sampel sebanyak 31 siswa dengan menggunakan
perposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan
observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum
dilaksanakannya layanan informasi (pre-test) keadaan memory training (daya
ingat) siswa dengan rata-rata 43,97 dan setelah dilaksanakan layanan informasi
(post-test) keadaan memory training (daya ingat) siswa mengalami perubahan
dengan rata-rata 79,85. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung= 5,370 dengan
menggunakan taraf signifikan nyata (a = 0,05) dan dengan d.b = n – 1. Maka
diperoleh ttabel= 2,039. Karena nilai thitung> ttabel (5,370 > 2,039) maka dapat
dikatakan bahwa Ha diterima H0 ditolak. Sehingga kesimpulannya adalah
“terdapat pengaruh yang signifikan layanan informasi untuk meningkatkan
memory training (daya ingat) pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah
Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018”. |
en_US |