dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis
tentang penerapan metode kibar, hasil, dan faktor-faktor pendukung dan
penghambat dalam peningkatan baca tulis Al-Qur‟an pada siswa di SMP Negeri
24 Medan. penelitian yang digunakan adalah kualitatif study kasus yang dimana
teknik analisis yang dilakukan yaitu dengan pengumpulan data observasi,
wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah, guru Agama Islam/Al Qur‟an sudah menerapkan metode kibar dalam peningkatan baca tulis Al-Qur‟an
di setiap kelas, dan sangat diterima oleh siswa-siswa dengan antusias. Hasil
penelitian menunjukkan: (1) Proses penerapan metode kibar adalah klasikal,
yaitu pembelajaran al-Qur‟an secara bersama-sama. Caranya guru memberikan
contoh bacaan kemudian siswa menirukan; dan privat yaitu penyimakan seorang
demi seorang. (2) Penerapan metode kibar dalam kegiatan pembelajaran al Qur‟an dapat meningkatan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur‟an. (3)
faktor penghambat dalam penerapan metode kibar ini antara lain: guru
pengajar kurang bisa memahami masing-masing karakter belajar anak, orang tua
tidak mendampingi belajar dirumah, dan anak kurang kondusif serta sering cepat
berubah perasaannya. Dan faktor pendukung pada metode kibar ini terletak pada
kemampuan guru dalam membaca Al-Qur‟an, peran orang tua dalam mendampingi
anak belajar membaca Al-Qur‟an di lingkungan keluarga, kemampuan anak, dan
suasana kelas yang kondusif. |
en_US |