Research Repository

PENERAPAN METODE KIBAR DALAM PENINGKATAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA SISWA DI SMP NEGERI 24 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author MUTIAH, SITI
dc.date.accessioned 2023-11-27T05:08:58Z
dc.date.available 2023-11-27T05:08:58Z
dc.date.issued 2023-11-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23156
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan metode kibar, hasil, dan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan baca tulis Al-Qur‟an pada siswa di SMP Negeri 24 Medan. penelitian yang digunakan adalah kualitatif study kasus yang dimana teknik analisis yang dilakukan yaitu dengan pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah, guru Agama Islam/Al Qur‟an sudah menerapkan metode kibar dalam peningkatan baca tulis Al-Qur‟an di setiap kelas, dan sangat diterima oleh siswa-siswa dengan antusias. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses penerapan metode kibar adalah klasikal, yaitu pembelajaran al-Qur‟an secara bersama-sama. Caranya guru memberikan contoh bacaan kemudian siswa menirukan; dan privat yaitu penyimakan seorang demi seorang. (2) Penerapan metode kibar dalam kegiatan pembelajaran al Qur‟an dapat meningkatan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur‟an. (3) faktor penghambat dalam penerapan metode kibar ini antara lain: guru pengajar kurang bisa memahami masing-masing karakter belajar anak, orang tua tidak mendampingi belajar dirumah, dan anak kurang kondusif serta sering cepat berubah perasaannya. Dan faktor pendukung pada metode kibar ini terletak pada kemampuan guru dalam membaca Al-Qur‟an, peran orang tua dalam mendampingi anak belajar membaca Al-Qur‟an di lingkungan keluarga, kemampuan anak, dan suasana kelas yang kondusif. en_US
dc.subject Metode Kibar en_US
dc.subject Al-Qur’an en_US
dc.title PENERAPAN METODE KIBAR DALAM PENINGKATAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA SISWA DI SMP NEGERI 24 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account