Research Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Learning dalam Keterampilan Menulis Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 101783 Saentis

Show simple item record

dc.date.accessioned 2023-11-27T03:55:14Z
dc.date.available 2023-11-27T03:55:14Z
dc.date.issued 2023-11-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23138
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis sebelum menggunakan Metode Discovery Learning dan keterampilan menulis setelah menggunakan metode Discovery Learning kelas IV SD Negeri 101783 Saentis tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini diharapakan bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu Perfomence dan lembar kerja siswa digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan keterampilan menulis. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji hipotesis untuk mengetahui adakah pengaruh dari penggunaan metode Discovery Learning dalam keterampilan menulis. Berdasarkan hasil lembar kerja yang dilakukan sebelum menggunakan metode Discovery Learning diperoleh nilai rata-rata keterampilan menulis pada kelas kontrol adalah 68,91 dan kelas Eksperimen adalah 79,45. Hasil pengujian hipotesis diperoleh dari nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 sehingga dapat diketahui nilai signifikan (2-tailed) yaitu ,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha dinyatakan diterima dan Ho dinyatakan ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dari penggunaan metode Discovery Learning dalam keterampilan menulis pada siswa kelas IV SD Negeri 101783 Saentis Tahun Pembelajaran 2022/2023. en_US
dc.subject Metode Discovery Learning, Keterampilan Menulis en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Learning dalam Keterampilan Menulis Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 101783 Saentis en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account