Research Repository

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPINNING WHEEL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 21 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author NINGSIH, YULIA SURYA
dc.date.accessioned 2023-11-27T03:39:25Z
dc.date.available 2023-11-27T03:39:25Z
dc.date.issued 2023-11-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23124
dc.description.abstract Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan belajar siswa dengan menerapkan media pembelajaran berbasis spinning wheel pada pembelajaran IPA kelas IV SD Muhammadiyah 21 Medan, untuk mengetahui keaktifan belajar siswa dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran IPA kelas IV SD Muhammadiyah 21 Medan dan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis spinning wheel terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD Muhammadiyah 21 Medan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata skor perolehan siswa yang menggunakan media spinning wheel lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata skor perolehan siswa tanpa menggunakan media pembelajaran spinning wheel yaitu 87 dibandingkan 94. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa yang menggunakan media pembelajaran spinning wheel yaitu 100. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa tanpa menggunakan media pembelajaran spinning wheel yaitu 96. Dari penelitian tersebut, diperoleh bahwa terdapat perbedaan pada penggunaan media pembelajaran spinning wheel dan tanpa media pembelajaran spinning wheel ini dibuktikan oleh hasil Nilai signifikan (2-tailed) 0,009 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian t hitung 2,828 > t tabel 1,701. Maka kesimpulan dari pengujian hipotesis adalah Ha diterima dan Ho ditolak. Adanya pengaruh media pembelajaran berbasis spinning wheel terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Muhammadiyah 21 Medan. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Keaktifan en_US
dc.subject pengaruh en_US
dc.title PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPINNING WHEEL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 21 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account