dc.description.abstract |
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mengemukakan
pendapat siswa pada kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran TTW
(Think, Talk, Write) di kelas V SD Negeri 106160 Tanjung Rejo Kecamatan Percut Sei
Tuan, untuk mengetahui, untuk mengetahui kemampuan mengemukakan pendapat
siswa di kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas
V SD Negeri 106160 Tanjung Rejo Kecamatan Percut Sei Tuan, dan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) terhadap kemampuan
mengemukakan pendapat siswa di kelas V SD Negeri 106160 Tanjung Rejo. Dari hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen lebih
tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol. Nilai rata-rata siswa pada
kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran TTW (Think, Talk, Write)
diperoleh sebesar 78,85 dibandingkan nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol diperoleh
sebesar 59,84. Nilai tertinggi pada kelas eksperimen dengan menggunakan model
pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) ialah 95 dibandingkan nilai tertinggi pada
kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional ialah 80. Dari penelitian
tersebut, diperoleh bahwa terdapat perbedaan pada kelas eksperimen, hal ini dibuktikan
oleh nilai pada uji t dengan nilai signifikansi taraf 5% dengan memperoleh nilai sig (2-
tailed) 0.000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka adanya pengaruh model
pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) terhadap kemampuan mengemukakan
pendapat siswa di kelas V SD Negeri 106160 Tanjung Rejo |
en_US |