Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TTW (THINK, TALK, WRITE) TERHADAP KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA KELAS V SD NEGERI 106160 TANJUNG REJO

Show simple item record

dc.contributor.author AMALIA, RISKA
dc.date.accessioned 2023-11-27T03:36:56Z
dc.date.available 2023-11-27T03:36:56Z
dc.date.issued 2023-11-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23121
dc.description.abstract Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) di kelas V SD Negeri 106160 Tanjung Rejo Kecamatan Percut Sei Tuan, untuk mengetahui, untuk mengetahui kemampuan mengemukakan pendapat siswa di kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas V SD Negeri 106160 Tanjung Rejo Kecamatan Percut Sei Tuan, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) terhadap kemampuan mengemukakan pendapat siswa di kelas V SD Negeri 106160 Tanjung Rejo. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol. Nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) diperoleh sebesar 78,85 dibandingkan nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol diperoleh sebesar 59,84. Nilai tertinggi pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) ialah 95 dibandingkan nilai tertinggi pada kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional ialah 80. Dari penelitian tersebut, diperoleh bahwa terdapat perbedaan pada kelas eksperimen, hal ini dibuktikan oleh nilai pada uji t dengan nilai signifikansi taraf 5% dengan memperoleh nilai sig (2- tailed) 0.000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka adanya pengaruh model pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) terhadap kemampuan mengemukakan pendapat siswa di kelas V SD Negeri 106160 Tanjung Rejo en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model Pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) en_US
dc.subject Kemampuan Mengemukakan Pendapat en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TTW (THINK, TALK, WRITE) TERHADAP KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA KELAS V SD NEGERI 106160 TANJUNG REJO en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account