Abstract:
Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pengembangan LKPD berbasis
Contextual Teaching and Learning pada materi Pola Bilangan untuk siswa kelas
VIII SMP Swasta Tri Dharma ?, Bagaimana respon peserta didik terhadap LKPD
berbasis Contextual Teaching and Learning pada materi Pola Bilangan ?
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis
Contextual Teaching and Learning pada materi Pola Bilangan, Mengetahui respon
peserta didik terhadap LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning pada
materi Pola Bilangan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Penelitian ini
merupakan penelitian dan pengembangan (research and development atau R & D)
karena mengembangkan suatu produk untuk mengetahui valid atau tidaknya
prodak yang diciptakan serta mengetahui respon peserta didik. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Tri Dharma yang
berjumlah 43 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A yang
berjumlah 21 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket. Angket
tersebut berbentuk tes uraian yang berisikan pertanyaan yang berkaitan dengan
LKPD yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata
dari validator ahli media adalah 4,1 dari ahli materi adalah 4,1 dari guru kelas
adalah 4,8 dan dari peserta didik adalah 4,4. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
LKPD pokok bahasan Pola Bilangan untuk siswa SMP dinyatakan layak karena
memenuhi syarat kevalidan pada tabel yang digunakan.