Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Show simple item record

dc.contributor.author SYAWAL, SHIFA SYAFIRA
dc.date.accessioned 2023-11-27T03:09:41Z
dc.date.available 2023-11-27T03:09:41Z
dc.date.issued 2023-11-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23098
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning dengan berbantuan aplikasi kahoot terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan untuk mengetahui berapa persen pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan berbantuan aplikasi kahoot terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksprimen semu (quasi expremental) dengan desain one group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PAB 9 Klambir lima. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII-3 yang berjumlah 26 siswa dengan melibatkan dua kali pengukuran yaitu pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakuan model pembelajaran problem based learning dengan berbantuan aplikasi kahoot. Instrumen penelitian ini menggunakan soal pilihan berganda tentang materi lingkaran yang berjumlah 15 setelah divalidkan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis. Dari hasil penelitian dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung (3,5742) setelah dibandingkan dengan ttabel (2,0086), ternyata thitung (3,5742) > ttabel (2,0086) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan aplikasi kahoot terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan terdapat 93,36% pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan aplikasi kahoot terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. en_US
dc.subject Aplikasi Kahoot en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account