dc.description.abstract |
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan layanan
bimbingan kelompok dalam mengembangkan kemampuan berdiskusi siswa kelas
VII MTs Negeri 3 Medan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui
penerapan layanan bimbingan kelompok dalam mengembangkan kemampuan
berdiskusi siswa kelas VII. Metode diskusi yaitu interaksi antara siswa dan siswa
atau siswa dan guru untuk menganalisa, memecahkan masalah, menggali atau
memperdebatkan topik atau permasalahan tertentu. Subjek dalam penelitian ini
menggunakan penelitian kualitatif yaitu mereka para informan yang dijadikan
sebagai narasumber untuk menggali informasi yang dibutuhkan peneliti,
penelitian ini menggali informasi dari kepala sekolah, wali kelas, dan guru
bimbingan dan konseling. Objek dalam penelitian ini sebanyak 10 orang siswa.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi
data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil analisis data dengan
menggunakan observasi dan wawancara mengembangkan kemampuan berdiskusi
siswa kelas VII yang telah dicapai mendapat perubahan dengan penerapan
layanan bimbingan kelompok. Dengan demikian penerapan layanan bimbingan
kelompok dalam mengembangkan kemampuan berdiskusi siswa kelas VII MTs
Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 |
en_US |