dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangin oleh kurang terampilnya siswa dalam berbicara
dalam hal mengemukakan pendapat, dan kurang tepatnya guru dalam berbicara
dalam menerapkan model pembelajaran yang dapat melatih keterampilan
berbicara siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berbicara
siswa dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script. Model
penelitian ini adalah model penelitian kuantitatif. Populasi nya adalah siswa kelas
IV MIN 2 Simalungun yang terdiri dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan
dengan teknik Sampling Jenuh / Total Sampling . Variabel bebas adalah model
pembelajaran Cooperative Script, variabel terikat adalah keterampilan berbicara.
Pengujian hipotesis menggunakan uji t (Independent Sampel T-Test), Yang
didahului dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil dari penelitian ini
dengan menggunakan uji t mendapatkan nilai sig. 2-tailed sebesar 0,000. Berarti
0,000 > 0,05, maka Ho diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
model pembelajaran Cooperative Script terhadap keterampilan berbicara pada
siswa kelas IV MIN 2 Simalungun |
en_US |