Research Repository

Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kesadaran Sejarah Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Yuli Permata
dc.date.accessioned 2023-11-27T02:09:31Z
dc.date.available 2023-11-27T02:09:31Z
dc.date.issued 2023-11-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23046
dc.description.abstract Penelitian ini berdasarkan atas kurangnya penggunaan metode pembelajaran sehingga menurunnya kesadaran sejarah siswa. Rumusan masalah pada penelitian yaitu Bagaimana kesadaran sejarah sebelum menggunakan metode bermain peran pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan, Bagaimana kesadaran sejarah sesudah menggunakan metode bemain peran pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan, dan Bagaimana pengaruh metode bermain peran terhadap kesadaran sejarah pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan. Tujuan penelitian untuk mengetahui Untuk mengetahui kesadaran sejarah sebelum menggunakan metode bermain peran pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan, Untuk mengetahui kesadaran sejarah sesudah menggunakan metode bermain peran pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan, dan Untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap kesadaran sejarah pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan dan waktu yang digunakan saat penelitian ialah bulan Juli-Agustus 2023. Populasi penelitian berjumlah 50 siswa dengan sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan sebanyak 50 siswa. Teknik pemilihan sampel penelitian adalah sampling total. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket yang telah valid. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent T-Tes. Hasil dari penelitian berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan dengan menggunakan statistik uji independent t-tes pada aplikasi SPSS 23 for Windows yaitu 0,000 dengan taraf signifikan 95% atau α = 0,05 maka dari tabel distribusi t dimana nilai probabilitasnya lebih kecil dari 0,05 sehingga menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data disimpulkan bahwa “Terdapat Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kesadaran Sejarah Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan”. en_US
dc.subject Metode Bermain Peran, Kesadaran Sejarah en_US
dc.title Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kesadaran Sejarah Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account