dc.description.abstract |
Minat belajar adalah kecendrungan seseorang yang ditimbulkan dan
dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan layanan
penguasaan konten di sekolah MTs Negeri 2 Rantau Prapat Tahun Pembelajaran
2017/2018 ?, 2) Minat belajar di sekolah MTs Negeri 2 Rantau Prapat Tahun
Pembelajaran 2017/2018 ?, 3) Pengaruh layanan penguasaan konten
(pembelajaran) dalam mengatasi siswa yang kurang minat belajar kelas VIII MTs
Negeri 2 Rantau Prapat Tahun Pembelajaran 2017/2018 ?,. Untuk menjawab suatu
pertanyaan maka penulis mengambil lokasi di MTs Negeri 2 Rantau Prapat.
Jumlah populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah 213
siswa, sedangkan yang menjadi sampel sebanyak 28 siswadengan menggunakan
purpostive sampling.instrumen dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan
angket yang diuji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu, dan analisa data dalam
penelitian ini menggunakan Product Moment. Hasil penelitian yang
diperolehadalah bahwa hasil r = 0,714. Harga rhitung tersebut selanjutnya
dibandingkan dengan rtabel. Untuk taraf signifikan 5% dan n = 28, maka rtabel =
0,361 dan rhitung = 0,714. Hal ini dapat disimpulkan bahwa rhitung> rtabel (0,714 >
0,361) berarti ada pengaruh layanan penguasaan konten dalam mengatasi siswa
yang kurang minat belajar. Dan untuk mengetahui taraf signifikan maka melalui
uji t.berdasarkan perhitungan tersebut diperoleh thitung = 5,185 dengan taraf
signifikan nyata α = 0,05 dk =n-2 = 28-2 =26. Selanjutnya H0 diterima jika thitung >
ttabel. Berdasarkan ttabel = 2,048 dapat dilihat bahwa thitung> ttabel (5,185 > 2,084).
Maka dapat disimpulkan bahwa ha diterima dan ho ditolak. Dengan demikian
hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima |
en_US |