Research Repository

PENGARUH METODE SAVI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 21 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author ISMI, NURUL
dc.date.accessioned 2023-11-27T01:49:50Z
dc.date.available 2023-11-27T01:49:50Z
dc.date.issued 2023-11-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23020
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses pembelajaran khusunya pada mata Pelajaran IPA dan beberapa hal lainnya salah satunya guru lebih sering menggunakan metode ceramah pada saat proses pembelajaran yang mengakibatkan siswa menjadi jenuh, bosan, tidak fokus hingga berkelahi selama proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui keterampilan proses pembelajaran siswa kelas V SD Muhammadiyah 21 Medan sebelum menggunakan metode pembelajaran SAVI, 2) Untuk mengetahui keterampilan proses pembelajaran siswa kelas V SD Muhammadiyah 21 Medan sesudah menggunakan metode pembelajaran SAVI, 3) Untuk mengetahui pengarus metode SAVI dalam meningkatkan proses pembelajaran siswa kelas V SD Muhammadiyah 21 Medan. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Juli- Agustus 2023. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah 21 Medan sebanyak 40 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas VA sebanyak 23 siswa dan kelas VB sebanyak 17 siswa. Sampel pada penelitian adalag kelas VA sebanyak 23 siswa, dengan Teknik sampe pada penelitian ini adalah Teknik sampling jenuh. Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah : 1) uji validasi ahli berupa lembar observasi, 2) Uji hipotesis berupa Paired sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, metode SAVI terhadap keterampilan proses pembelajaran IPA siswa kelas VA SD Muhammadiyah 21 Medan. Hal ini terlihat dari data analisis hipotesis dengan uji Paired sample t-Test. Menggunakan SPSS 22. Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan dapat dilihat bahwa nilai signifikan sebesar .000 yang mana 0,000 < 0.005 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan adanya perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan metode SAVI dalam keterampilan proses pembelajaran IPA siswa kelas V SD Muhammadiyah 21 Medan en_US
dc.subject Metode SAVI en_US
dc.subject Keterampilan en_US
dc.subject Proses Pembelajaran en_US
dc.title PENGARUH METODE SAVI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 21 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account