Abstract:
Penelitian ini dilakukan pada UMKM Pinkan Bakery, tujuan penelitian ini
untuk mengetahui Manajemen Strategi Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis.
Penelitian yang dilakukan adalah pendekatan deskriptif kualitatif yaitu
suatu analisa data yang bersifat penjelasan dan informasi yang akan dikaitkan
dengan teori-teori yang akan dibahas dalam penelitian kualitatif dan memberikan
kesimpulan dari penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah UMKM Pinkan Bakery.
Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah studi Pustaka, observasi,
wawancara dan dokumentasi, sumber data yang digunakan ialah data primer dan
data sekunder, dan analisis data terdiri dari Teknik indukatif, Teknik deduktif dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoreh mengenai Analisis Manajemen Strategi
Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis yang menggunakan Startegi Keunggulan
Biaya, yang mana strategi keunggulan biaya dapat dilakukan dengan memberikan
produk berkualitas tinggi kepada pelanggan atau melakukan inovasi terhadap
produk yang ditawarkan dalam mempertahankan pelanggan secara maksimal.
Manajemen strategi ini dapat dilakukan dengan membuat roti varian terbaru dengan
harga yang terjangkau serta mempertahankan rasa dan kualitas yang dapat
memuaskan pelanggan. Dengan terciptanya varian terbaru terhadap produk
tersebut, maka persaingan bisnis yang sedang terjadi akan terlewati dengan baik.