Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modeli pembelajaran Bestek
Kreatif Tipe Sibomber terhadap kemampuan menulis surat dinas siswa kelas XII
SMK Negeri 1 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Populasi pada
penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XII SMK Negeri 1 Perbaungan.
Sedangkan, sampel pada penelitian ini ialah siswa kelas XII TKJ-1 sebagai kelas
eksperimeni yangi berjumlahi 35 siswa dani kelasi XII TKJ-2 sebagaii kelasi kontrol
yang berjumlah 35 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah
metode eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Design.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah tes esai. Adapun nilai rata rata yang diperoleh siswa kelas XII TKJ-1 (kelas eksperimen) dengan
menggunakan model pembelajaran Bestek Kreatif Tipe Sibomber berjumlah 35
siswa adalah 86,94% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil nilai yang
didapatkan terdata 29 siswa (87,86%) dengan kategori sangat baik dan 6 siswa
(17,14%) dengan kategori baik. Sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa
kelas XII TKJ-2 (kelas kontrol) dengan model pembelajaran Kooperatif
berjumlah 35 siswa adalah 72,71% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil nilai
yang didapatkan terdata 25 siswa (71,43%) dengan kategori baik dan 10 siswa
(28,57%) dengan kategori cukup. Berdasarkan paparan di atas hasil hipotesis
membuktikan nilai rata-rata kelas XII TKJ-1 dengan model pembelajaran Bestek
Kreatif Tipe Sibomber sebesar 87,86% ilebih tinggii dari hasil rata-rata siswa kelas
XII TKJ-2 dengan model pembelajaran Kooperatif sebesar 72,71%. Berdasarkan
uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan
penggunaan model pembelajaran Bestek Kreatif Tipe Sibomber terhadap
kemampuan menulis surat dinas siswa kelas XII SMK Negeri 1 Perbaungan
iTahun iPembelajaran 2022/ 2023.