Research Repository

Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri terhadap Kemampuan Menulis Teks Fabel pada Siswa Kelas VII MTs Yaspi Labuhan Deli.

Show simple item record

dc.contributor.author Maharani, Puan
dc.date.accessioned 2023-11-27T01:12:09Z
dc.date.available 2023-11-27T01:12:09Z
dc.date.issued 2023-11-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22997
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan menulis teks fabel pada siswa kelas VII MTs Yaspi Labuhan Deli. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII yang terdiri dari kelas VIIA, VIIB, VIIC, VIID yang berjumlah 125. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIA yang ditetapkan sebagai eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang dan kelas VIIC ditetapkan sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 31 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian kelas kontrol dengan jumlah siswa 31 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Instrumen penelitian ini menggunakan tes tulis. Hasil dari penelitian ini diperoleh jumlah nilai rata-rata sebesar 77,4 dengan menggunakan media gambar seri dengan rincian siswa memperoleh nilai 40-55 dikategorikan kurang sebanyak 2 orang (7%) dan siswa yang memperoleh nilai 56-65 dikategorikan cukup sebanyak 3 orang (10%) dan siswa yang memperoleh nilai 66-79 dikategorikan baik sebanyak 10 orang (33%) dan siswa yang memperoleh nilai 80-100 dikategorikan sangat baik sebanyak 15 orang (50%) oleh siswa kela s VII MTs Yaspi Labuhan Deli. Nilai rata-rata sebesar 39,48 kemampuan menulis teks fabel yang telah diajarkan tanpa menggunakan media gambar seri yang memperoleh nilai 56-65 dikategorikan cukup sebanyak 4 orang (12,90%), dan siswa yang memperoleh nilai 40-55 dikategorikan sebanyak 7 orang (22,58) dan siswa yang memperoleh nilai <39 dikategorikan sangat kurang sebanyak 20 orang (64,51%). Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 13,1588 selanjutnya harga thitung ini dibandingkan dengan harga ttabel taraf signifikan α = 5% dengan db= n1+ n2-2=59 maka diperoleh ttabel = 1,671. Diketahui thitung > ttabel yaitu 13,1588 > 1,671 maka Ha diterima dengan hipotesis ada pengaruh signifikan model pembelajaran media gambar seri terhadap kemampuan menulis teks fabel oleh siswa kelas VII MTS Yaspi Labuhan Deli. en_US
dc.subject Pengaruh, Media Gambar Seri, Menulis Teks Fabel en_US
dc.title Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri terhadap Kemampuan Menulis Teks Fabel pada Siswa Kelas VII MTs Yaspi Labuhan Deli. en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account