Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurang kreatifnya guru dalam
menggunakan media dalam pembelajaran yang dilakukan di TK Aisyiyah
Bustanul Athfal 17 Medan, hal ini dilihat saat pembelajaran dilakukan, terlihat
anak hanya menggambar dan mewarnai dalam melatih kemampuan seninya.
Sehingga dapat dilihat dalam kemampuan seni anak terlihat masih rendah. Dengan
penggunaan media dapat membantu dan merangsang anak dalam meningkatkan
kemampuan seninya. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat
pengaruh penggunaan media Lossparts terhadap kemampuan seni anak pada TK
Aisyiyah Bustanul Athfal 17 Medan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
eksperimen dengan desain penelitian pre eksperimental tipe one group pretest posttes design. Dalam penelitian ini populasinya adalah 30 anak dengan sampel
penelitian 15 anak. Hasil rata-rata pretest 2.27, setelah dilakukan pretest dilakukan
kemudian diberikan perlakuan berupa penggunaan media Lossparts untuk melihat
berpengaruh tidaknya media Lossparts terhadap kemampuan seni anak, selama
melaksanakan treatment terlihat pengaruh media Loosparts terhadap kemampuan
seni anak dengan rata-rata 3.60.
Untuk melihat terdapat pengaruh tidaknya atau perbedaan dalam
kemampuan seni anak pada penggunaan media Loosparts dapat dilihat dari nilai
Sig yang diuji menggunakan SPSS, nilai Sig dibandingkan dengan taraf
Signifikan 0.05, apabila nila nilai Sig > 0.05 maka tidak terdapat pengaruh
sedangkan jika nilai Sig<0.05 maka terdapat pengaruh. Maka hasil dari pengujian
Hipotesis dengan menggunakan SPSS denga nilai Sig ,000 < 0.05 maka H0 ditolak
dan Ha diterima, Artinya terdapat pengaruh dalam penggunaan media Loosparts.