Abstract:
Proses pelayanan Sistem Administrasi Manungggal Satu Atap (SAMSAT)
pada dasarnya merupakan proses yang sangat rumit dan kompleks. Dimana setiap
wajib pajak harus melewati banyak pintu loket untuk menyelesaikan pelayanannya
dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Proses ini apabila dilakukan secara
manual atau semi elektronik dapat dipastikan tidak akan mampu dilaksanakan oleh
semua petugas SAMSAT khususnya di UPT SAMSAT Stabat. Oleh karena itu
sistem yang ada terus dikembangkan dengan menggunakan teknologi yang lebih
modern. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Efektivitas
Pelayanan Prima Dalam Program e-Samsat Di UPT Samsat Stabat. Adapun jenis
penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan
metode deskriptif dengan analisis data kualitatif yaitu prosedur pemecahan masalah
yang diselidiki dengan menggambarkan, melukiskan keadaan sekitar dengan objek
penelitian pada saat sekarang ini, berdasarkan fakta-fakta. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah Persepsi negatif masyarakat/wajib pajak yang buruk terhadap
pelayanan publik karena sering sulit, memakan waktu yang lama, antrian yang
membludak, memakai calo dan harus mengeluarkan biaya-biaya tambahan dan juga
tidak sesuatu dengan standar pelayanan publik mulai bergeser ke persepsi yang
positif, dikarenakan telah diluncurkannya layanan e-Samsat. Karena layanan e Samsat Sumut Bermartabat sudah hampir memenuhi harapan masyarakat, dengan
adanya layanan e-Samsat dapat memudahkan wajib pajak dalam membayar pajak.