Research Repository

PEMIKIRAN PENDIDIKAN BERTRAND RUSSELL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM

Show simple item record

dc.contributor.author Pamungkas, Robby
dc.date.accessioned 2023-11-27T00:29:55Z
dc.date.available 2023-11-27T00:29:55Z
dc.date.issued 2023-11-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22959
dc.description.abstract Masalah kebekuan akal di dalam pengajaran agama Islam pada tingkat SMP dan SMA adalah sebuah ironi karena hal ini sangat bertentangan dengan pandangan al-Quran terkait dengan posisi akal di dalam tradisi Islam. Pada banyak ayat, al-Quran selalu menekankan para pembacanya untuk menggunakan akal secara serius. Berangkat dari masalah ini, peneliti menemukan Bertrand Russell dengan pemikirian pendidikan yang cukup solutif untuk masalah kebekuan akal ini dan juga memiliki implikasi yang baik terhadap pendidikan Islam secara umum, terutama pada penggunaan akal di dalam pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan akal di dalam pemikiran pendidikan Bertrand Russell dan implikasi pemikiran pendidikan beliau terhadap pendidikan Islam, serta solusi apa yang diberikan Bertrand Russell untuk masalah kebekuan akal yang terjadi di dalam pengajaran agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi tokoh. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dokumentasi yang dilakukan dengan mengkaji literatur yang relevan dengan penelitian ini baik yang bersumber dari sumber-sumber primer maupun sumber sumber sekunder. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan dengan langkah langkah, seperti reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berdasarkan bukti-bukti yang valid. Pemikiran pendidikan Bertrand Russell secara kuat memberikan penekanan kepada penggunaan akal dan secara konsisten berimplikasi kepada tradisi penggunaan akal di dalam Islam, serta cukup solutif untuk menyelesaikan masalah kebekuan akal di dalam pengajaran agama Islam. en_US
dc.subject pendidikan, akal, kebekuan, Islam, agama en_US
dc.title PEMIKIRAN PENDIDIKAN BERTRAND RUSSELL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account