dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan uuntuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode
SAVI terhadap aktivitas belajar bahasa Indonesia di kelas IV SD Al-Washliyah
Medan Tembung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sampel dalam
penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Al-Washliyah Medan Tembung
sebanyak 27 siswa. Data yang diperoleh pada penelitian ini diambil dari lembar
observasi yang akan diujikan kepada siswa kelas IV SD Al-Washliyah Medan
Tembung, dimana yang pertama peneliti melakukan metode ceramah kepada siswa
kelas IV SD Al-Washliyah Medan Tembung dan yang kedua, peneliti
menggunakan metode SAVI (Somatis,Auditori,Visual,Intelektual) untuk
mendapatkan hasil yang akan diperoleh di dalam lembar observasi. Pada hasil
kedua terdapat kenaikan atau peningkatan nilai pada siswa. Kemudian,
berdasarkan hasil uji hipotesis yang sudah dilakukan oleh peneliti pada (uji t)
perhitungannya menunjukkan pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai thitung 3,395
sedangkan untuk ttabel pada N=27-1 yaitu 2,056. Maka thitung 3,395>ttabel 2,056
maka dapat disimpulkan hasil bahwa Metode SAVI
(Somatis,Auditori,Visual,Intelektual) memberikan pengaruh terhadap aktivitas
belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Al-Washliyah Medan Tembung.
Dikatakan berpengaruh karena nilai thitung 3,395>ttabel 2,056. |
en_US |