Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kegiatan Gotong Royong
dalam Membina Sikap Mandiri Anak di Kelompok B RA Musthafawiyah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, bertujuan untuk
menggambarkan bagaimana implementasi kegiatan gotong royong dalam
membina sikap mandiri anak kelas B RA Musthafawiyah. Subjek dari penelitian
ini adalah RA Musthafawiyah dan objek dari penelitian ini adalah Kepala sekolah,
guru dan juga murid kelas B RA musthafawiyah. Berdasarkan hasil penelitian ini
bahwa kemandirian anak sudah ditanamkan sejak dini sehingga hasil yang
diperoleh juga cukup baik, anak sudah terbiasa mandiri dan disiplin dalam
melakukan aktifitasnya di sekolah. Selain itu sikap toleransi anak juga sudah
mulai tumbuh dan berkembang dengan baik dilihat dari hal-hal sederhana yang
mereka lakukan dengan teman sekelasnya. Buah dari sikap guru yang sabar dan
lemah lembut ketika menerapkan kebiasaan baik kepada anak. Tidak banyak anak
yang kurang berkembang kemandiriannya hal ini terjadi karena kurangnya
kerjasama orangtua dalam memaksimalkan pembinaan kemandirian yang
diterapkan disekolah.