Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project
Based Learning Berbantuan Media prezi terhadap keterampilan menulis teks
biografi pada siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023.
Sedangkan, sampel pada penelitian ini ialah siswa kelas X Ips-2 sebagai kelas untuk
pretest dan posstesti yangi berjumlahi 35 siswa. Metode yang digunakan pada
penelitian ini ialah metode eksperimen dengan desain penelitian one-group pretestpostest
design.
Instrumen
yang
digunakan
dalam
penelitian
ini
ialah
tes
esai
dan
persentasi
menggunakan
media
prezi.
Adapun
nilai
rata-rata
yang
diperoleh
siswa
kelas
X
Ips-2
setelah
(kelas
sesudah)
menggunakan
media
prezi
yang
berjumlah
35
siswa
adalah
89,2
dengan
kategori
sangat
baik. Dari
hasil
nilai
yang
didapatkan
terdata
28 siswa mendapatkan (80%) dengan kategori sangat baik dan 7 siswa
(20%) dengan kategori kurang. Sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas
X Ips-2 (kelas sebelum) menggunakan media prezi yang berjumlah 35 siswa adalah
48,4 dengan kategori kurang. Dari hasil nilai yang didapatkan terdata 9 siswa (26%)
dengan kategori baik, 7 siswa (20%) dengan kategori cukup, 6 siswa (17%) dengan
katagori kurang dan 13 siswa (37%) dengan katagori sangat kurang. Dari paparan
di atas hasil hipotesis membuktikan nilai rata-rata kelas X Ips-2 sesudah
menggunakan media prezi sebesar 89,2 lebih tinggi dari hasil rata-rata siswa
sebelum menggunakan media prezi sebesar 48,4. Dari uraian tersebut, dapat
disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan model
pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media prezi terhadap
keterampilan menulis teks biografi pada siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan Tahun
Pembelajaran 2022/2023.