dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata
pelajaran baca tulis Al-Qur’an. sebelum dan sesudah menggunakan metode Imla’
serta ada atau tidaknya pengaruh metode Imla’ terhadap hasil belajar siswa
pada matapelajaram baca tulis Al-Qur’an pada kelas VIII di MTs Swasta
Nahdhatul Islam Mancang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
eksperimen, dengan Desain penelitian yang digunakan adalah desain ekperimen
semu. Subjek dalam penelitian ini kepala sekolah, guru pada mata pelajaran baca
tulus Al-Qur’an dan seluruh peseta didik kelas VIII MTs Nahdhatul Islam
Mancang. Penelitian ini memproleh hasil yang memperlihatkan terdapatnya
pengaruh pada metode Imla’ melalui hasil dari perbedaan nilai rata-rata kelas
ekperimen 84,70 setelah adanya pemberlakukan media gambar buatan siswa
dengan pendapatan nilai rata-rata kelas kontrol 68,16 Sedangkan melalui uji
hipotesis menggunakan uji T yang diperoleh nilai thitung sebesar 72,17 dengan
signifikansi 0,000 < 0,005 maka dinyatakan terdapatnya pengaruh (Ha) diterima.
Setelah adanya metode Imla’ pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran baca
tulis Al-Qur’an semakin meningkat debandingkan hasil sebelumnya, setelah
adanya pemberlakukan metode Imla’ menunjukkan bahwa adanya peningkatan.
Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII berjumlah 60 orang. Sampel
penelitian kelas VIIIA (kelas eksperimen) sejumlah 30 siswa dan kelas VIIIB
(kelas kontrol) sejumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
berupa soal dengan pilihan berganda, setiap test diambil melalui proses
pembelajaran. Pokok masalah dalam penelitian ini adalah guru terlalu monoton
dalam penggunaan metode pembelajaran di MTs Swasta Nahdhatul Islam
Mancang, Sehingga menimbulkan kebosanan dan kejenuhan terhadap siswa yang
dapat mempengaruhi hasil belajar atau pencapaian siswa dalam pembelajaran
baca tulis Al-Qur’an di MTs Swasta Nahdhatul Islam Mancang. |
en_US |