dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi konsep pendidikan karakter melalui
program ikatan pelajar Muhammadiyah, mengetahui proses pendidikan karakter
melalui program ikatan pelajar Muhammadiyah dan juga mengetahui faktor-faktor
pendukung dan penghambat pendidikan karakter melalui program ikatan pelajar
Muhammadiyah di SMP Muhammadiyah 62 Kabupaten Tapanuli Tengah. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang dilakukan dengan memenuhi beberapa tahap yaitu
reduksi data, penyajian data dan juga penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil
penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa pertama, konsep
pendidikan karakter melalui program ikatan pelajar Muhammadiyah adalah
dilaksanakan sesuai dengan kurikulum pendidikan dan jadwal kegiatan dari
program tersebut tanpa menggangu proses belajar mengajar yang berlangsung, serta
pihak sekolah, sehingga dalam melaksanakan program pihak sekolah dan juga
ikatan pelajar Muhammadiyah saling berkesinambungan dan juga saling
menguntungkan. Kedua Proses pendidikan karakter melalui program ikatan pelajar
Muhammadiyah yaitu dengan selalu menjalankan program yang telah disusun oleh
pimpinan umum dan juga didampingi oleh pembina IPM. Adapun program tersebut
adalah mabit,ishoma,apel pagi dan juga muhadarah, program-program tersebut
selalu rutin dilaksanakan sehingga dapat terlihat perubahan kepada kader terkhusus
para siswa sebagai mana yang diharapkan. Adapun yang ketiga faktor- faktor
pendukung dan penghambat proses pendidikan karakter melalui program ikatan
pelajar muhammadiyah yaitu: adapun faktor pendukung ada beberapa macam
misalnya,lingkungan sekolah,motivasi dan dukungan dari orang tua serta dukungan
dari masyarakat. Adapun faktor penghambat yaitu orang tua memerlukan bantuan
anaknya dan juga sebagian kader ada yang kurang sehat. |
en_US |