dc.description.abstract |
Penelitian ini dilaksanakan karena adanya isu mengenai rendahnya
pencapaian hasil belajar siswa dalam proses pendidikan dan kurangnya
pemanfaatan media pembelajaran oleh guru. Kondisi ini berpotensi berdampak
negatif pada hasil belajar siswa. Studi ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh
penggunaan media pembelajaran leaflet terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPA di kelas IV SDN 013832 Rahuning I tahun ajaran 2022/2023.
Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam riset ini ialah
seluruh siswa di kelas IV SDN 013832 Rahuning I yang terdiri dari 3 kelas
berjumlah 84 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas IV C yang
berjumlah 28 siswa. Pada pengambilan sampelnya menggunakan metode Simple
Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes yang menyangkut soal
pre-test dan post-test. Hasil penelitian diperoleh melalui tes kemudian dianalisis
dengan menggunakan program aplikasi SPSS Versi 26.0. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pada pre-test rata-rata (Mean) memiliki skor 34,29
sedangkan hasil post-test memiliki skor rata-rata (Mean) sebesar 77,50. Hal ini
mengindikasikan bahwa penggunaan media pembelajaran leaflet berdampak lebih
positif terhadap hasil belajar IPA dibandingkan dengan penggunaan media
konvensional. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Paired
Sample T-Test. Analisis hasil pengujian Paired Sample T-Test menunjukkan
bahwa terdapat Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
dalam penggunakan media pembelajaran leaflet terhadap hasil belajar siswa pada
pembelajaran IPA di kelas IV SDN 013832 Rahuning I. |
en_US |