Abstract:
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh reputasi dan metode penaksiran terhadap keputusan nasabah menggunkan
produk gadai emas pada bank aceh syariah. Pendekatan penelitian pada skripsi ini
adalah pendekatan kuantitatif dan data yang digunakan berupa jenis data primer.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah gadai emas pada bank
tersebut yaitu berjumlah 150 nasabah, dan teknik pengambilan sampel dengan
menggunakan rumus slovin dengan n = 60. Teknik analisis data dengan uji
deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan
uji hipotesis. Proses pengolahan data menggunakan program SPSS versi 22.0.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel reputasi tidak
berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dimana nilai thitung < ttabel (0,662
< 2,002) dan taraf signifikannya yang lebih besar dari 0,05 (0,537 > 0,05), variabel
metode penaksiran berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dimana
nilai thitung > ttabel (4,460>2,002) dan taraf signifikannya yang lebih kecil dari 0,05
(0,000<0,05). Dalam penelitian ini terdapat pengaruh anatara reputasi dan metode
penaksiran dengan keputusan nasabah dengan dilihat dari fhitung > ftabel (28,462 >
3,16) dan taraf signifikan yang lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Adapun niilai
determinasi menunjukan pengaruh yang cukup tinggi pengaruh antar variabel
independent ke variabel dependent hal ini ditunjukan dengan nilai R² pada tabel
diatas bernilai 0,500 atau senilai 50% . dimana sisanya dipengaruhi oleh faktor lain
yang tidak diteliti di penelitian ini.