dc.contributor.author | PASARIBU, MUHAMMAD ZAKARIA | |
dc.date.accessioned | 2023-11-25T01:32:36Z | |
dc.date.available | 2023-11-25T01:32:36Z | |
dc.date.issued | 2023-11-25 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22845 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran brainwriting dan metode pembelajaran partisipatori terhadap kemampuan menulis cerpen oleh siswa kelas XI-H SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-H SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan berjumlah 33 siswa. Objek yang diteliti adalah penggunaan model pembelajaran brainwriting dan metode pembelajaran partisipatori terhadap kemampuan menulis cerpen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji paired sample T-test. Berdasarkan uji Statistik T-paired diperoleh dari nilai rata-rata perbedaan antara pretest (sebelum diberikan treatment) dengan posttest (setelah diberikan treatment) yaitu -11.515 dengan standar deviasi 7.446 dan didapatkan nilai siginifikan (2tailed) 0.000 maka 𝐻𝑎 diterima dan 𝐻0 ditolak yang artinya ada perbedaan yang siginifikan terhadap pemerolehan nilai pretest dan postest. | en_US |
dc.publisher | umsu | en_US |
dc.subject | Brainwriting | en_US |
dc.subject | Partisipatori | en_US |
dc.title | EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BRAINWRITING TERHADAPKREATIVITAS MENULIS CERPEN SISWA SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PARTISIPATORI LEAERNING TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |