Research Repository

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BRAINWRITING TERHADAPKREATIVITAS MENULIS CERPEN SISWA SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PARTISIPATORI LEAERNING TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author PASARIBU, MUHAMMAD ZAKARIA
dc.date.accessioned 2023-11-25T01:32:36Z
dc.date.available 2023-11-25T01:32:36Z
dc.date.issued 2023-11-25
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22845
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran brainwriting dan metode pembelajaran partisipatori terhadap kemampuan menulis cerpen oleh siswa kelas XI-H SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-H SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan berjumlah 33 siswa. Objek yang diteliti adalah penggunaan model pembelajaran brainwriting dan metode pembelajaran partisipatori terhadap kemampuan menulis cerpen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji paired sample T-test. Berdasarkan uji Statistik T-paired diperoleh dari nilai rata-rata perbedaan antara pretest (sebelum diberikan treatment) dengan posttest (setelah diberikan treatment) yaitu -11.515 dengan standar deviasi 7.446 dan didapatkan nilai siginifikan (2tailed) 0.000 maka 𝐻𝑎 diterima dan 𝐻0 ditolak yang artinya ada perbedaan yang siginifikan terhadap pemerolehan nilai pretest dan postest. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Brainwriting en_US
dc.subject Partisipatori en_US
dc.title EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BRAINWRITING TERHADAPKREATIVITAS MENULIS CERPEN SISWA SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PARTISIPATORI LEAERNING TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account