dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi etika bisnis islam di
kalangan pedagang pada Pasar Tradisional Kota Serbelawan. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini
bersifat studi lapangan (field research). Sumber data pada penelitian ini
meliputi data primer yang dikumpulkan secara langsung melalui fenomena di
area penelitian dan data sekunder yang dikumpulkan secara tidak langsung
melalui literatur-literatur yang relevan. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data
pada pada penelitian ini dilakukan melalui teknik reduksi data, penyajian data,
dan verifikasi data. Teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakan
teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pedagang di pasar
tradisional Kota Serbelawan menerapkan prinsip etika bisnis Islam seperti
kejujuran, integritas, keadilan, dan tanggung jawab sosial. Kesamaan prinsipprinsip
ini diterapkan oleh pedagang Muslim dan non-Muslim, meski ada
perbedaan dalam pemahaman agama. Pentingnya meningkatkan pemahaman
dan penerapan etika bisnis Islam di kalangan pedagang non-Muslim disoroti
dengan usulan pelatihan dan seminar. Manfaatnya termasuk kepercayaan
pelanggan, hubungan yang baik, dan memperkuat loyalitas. Implementasi
etika bisnis Islam juga memberikan manfaat jangka panjang dalam hubungan
dengan pelanggan dan masyarakat serta mendapatkan keberkahan. Namun,
hambatan meliputi kurangnya pemahaman, persaingan ketat, keterbatasan
sumber daya, pengawasan hukum yang kurang, dan kesulitan sertifikasi halal.
Diperlukan upaya untuk memberikan pemahaman, pelatihan, dan dukungan
dari pemerintah dan lembaga terkait. |
en_US |