Research Repository

Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kreativitas Menulis Puisi Rakyat (Pantun) pada Siswa Kelas VII SMP Swasta PAB 2

Show simple item record

dc.contributor.author Kautsar, Shafira
dc.date.accessioned 2023-11-25T01:08:52Z
dc.date.available 2023-11-25T01:08:52Z
dc.date.issued 2023-11-25
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22829
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui Kreativitas menulis pantun sebelum menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas VII SMP Swasta PAB 2, (2) Mengetahui kreativitas menulis pantun sesudah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas VII SMP Swasta PAB 2, (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kreativitas menulis pantun siswa kelas VII SMP Swasta PAB 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan kelompok one group pretest-posttest design. Populasi ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta PAB 2 yang berjumlah 155 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-1 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling, artinya pengambilan sampel dipilih dengan sengaja dengan tujuan dan pertimbangan tertentu. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes essay yaitu menulis pantun. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis pantun siswa kelas VII-1 SMP Swasta PAB 2 sebelum menggunakan model pembelajaran project based learning berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata yaitu 71,66. Sedangkan kemampuan menulis pantun siswa kelas VII-1 SMP Swasta PAB 2 sesudah menggunakan model pembelajaran project based learning berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata yaitu 84,44. Berdasarkan hasil analisis uji statistik penelitian ini sudah menjawab hipotesis yakni: memperoleh nilai rata-rata pretest (sebelum diberikan treatment) dengan nilai posttest (sesudah diberikan treatment) yaitu -12.777 dan didapatkan nilai signifikan (2-tailed) 0.000 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh pada kemampuan menulis pantun siswa kelas VII-1 SMP Swasta PAB 2 sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran project based learning. en_US
dc.subject Project Based Learning, Kreativitas Menulis, Pantun en_US
dc.title Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kreativitas Menulis Puisi Rakyat (Pantun) pada Siswa Kelas VII SMP Swasta PAB 2 en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account