Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui Kreativitas menulis pantun sebelum
menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas VII
SMP Swasta PAB 2, (2) Mengetahui kreativitas menulis pantun sesudah
menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas VII
SMP Swasta PAB 2, (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based
Learning terhadap kreativitas menulis pantun siswa kelas VII SMP Swasta PAB 2.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan kelompok one
group pretest-posttest design. Populasi ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP
Swasta PAB 2 yang berjumlah 155 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-1
yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu
Purposive Sampling, artinya pengambilan sampel dipilih dengan sengaja dengan
tujuan dan pertimbangan tertentu. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes essay
yaitu menulis pantun. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
kemampuan menulis pantun siswa kelas VII-1 SMP Swasta PAB 2 sebelum
menggunakan model pembelajaran project based learning berada pada kategori baik
dengan nilai rata-rata yaitu 71,66. Sedangkan kemampuan menulis pantun siswa
kelas VII-1 SMP Swasta PAB 2 sesudah menggunakan model pembelajaran project
based learning berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata yaitu 84,44.
Berdasarkan hasil analisis uji statistik penelitian ini sudah menjawab hipotesis
yakni: memperoleh nilai rata-rata pretest (sebelum diberikan treatment) dengan nilai
posttest (sesudah diberikan treatment) yaitu -12.777 dan didapatkan nilai signifikan
(2-tailed) 0.000 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh pada
kemampuan menulis pantun siswa kelas VII-1 SMP Swasta PAB 2 sebelum dan
sesudah menggunakan model pembelajaran project based learning.