Research Repository

PENGARUH PENGGUNAAN METODE SILABA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS II SD SWASTA PAB 10 SAMPALI

Show simple item record

dc.contributor.author APRIYANTI, SINTA
dc.date.accessioned 2023-11-25T00:54:55Z
dc.date.available 2023-11-25T00:54:55Z
dc.date.issued 2023-11-25
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22821
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan membaca siswa Kelas II SD Swasta PAB 10 Sampali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan membaca siswa sebelum menggunakan metode Silaba di kelas II SD Swasta PAB 10 Sampali, untuk mengetahui keterampilan membaca siswa sesudah menggunakan metode Silaba di kelas II SD Swasta PAB 10 Sampali dan untuk mengetahui pengaruh metode Silaba terhadap keterampilan membaca siswa kelas II SD Swasta PAB 10 Sampali. Desain penelitian yang dipergunakan oleh peneliti adalah Pre-Experimental jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca siswa sebelum menggunakan Metode Silaba memiliki nilai rata-rata sebesar 77,40 dengan kategori tinggi. Adapun siswa yang memenuhi nilai KKM hanya 16 orang siswa dan 11 orang lagi ternyata belum memenuhi nilai KKM. Keterampilan membaca siswa setelah menggunakan Metode Silaba memiliki nilai rata-rata sebesar 94,80 dengan kategori sangat tinggi. Siswa setelah menggunakan metode tersebut mengalami peningkatan dan mayoritas siswa sudah memenuhi nilai KKM sebanyak 26 siswa dan hanya 1 siswa yang belum memenuhi nilai KKM. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis yang telah dilakukan peneliti pada (uji t) perhitungan menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai thitung sebesar 2,528, sedangkan untuk ttabel pada N = 27 -2, itu adalah 1,708. Maka thitung 2,528 > ttabel 1,708. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan metode Silaba terhadap keterampilan membaca siswa kelas II SD Swasta PAB 10 Sampali. Dengan penerapan metode Silaba diharapkan mampu menghasilkan siswa yang mampu memiliki kemampuan membaca yang baik dalam proses pembelajaran. en_US
dc.subject Metode Silaba, Keterampilan Membaca Siswa en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN METODE SILABA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS II SD SWASTA PAB 10 SAMPALI en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account