Research Repository

Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Dengan Teknik Brain Gym Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa SMP Swasta Imelda Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Tarigan, Winda Handayani
dc.date.accessioned 2020-03-10T03:15:36Z
dc.date.available 2020-03-10T03:15:36Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2281
dc.description.abstract Layanan bimbingan kelompok adalah layanan yang memungkinkan sejumlah peserta didik secara bersama-sama memperoleh bahan dari narasumber tertentu (terutama guru pembimbing atau konselor) yang berguna untuk menunjang kehidupan sehari-hari bagi individu sebagai pelajar, anggota keluarga dan masyarakat serta untuk mempertimbangkan dalam pengambilan keputusan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa dengan teknik brain gym. Penelitian ini dilaksanakan di SMP SWASTA IMELDA MEDAN Tahun Ajaran 2017/2018, yang beralamat di Jalan Bilal Ujung No. 24. Metode penelitian ini adalah deduktif kualitatif dengan Subjek dan Objek penelitian adalah: siswa kelas VII untuk dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa dengan teknik brain gym. Proses pengambilan data dilakukan selama tiga minggu yakni pada bulan januari-Februari 2018, dengan teknik pengumpulan data, wawancara, obeservasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan: meningkatkan konsentrasi belajar siswa dengan teknik brain gym melalui layanan bimbingan kelompok yang dilakukan oleh peneliti berjalan dengan optimal dan meningkat, dilihat dari hasil laiseg dan hal ini terbukti pada perubahan sikap siswa dikelas, yang tadinya kurang konsentrasi belajar menjadi lebih konsentrasi dalam belajar dikelas, perubahan tersebut setelah mendapat layanan bimbingan kelompok dalam upaya pencapaian sasaran dilakukan bersama antara konseli dan konselor. Dengan demikian bimbingan dan konseling sangat berperan. Meningkatkan konsentrasi belajar siswa dengan teknik brain gym melalui layanan bimbingan kelompok siswa kelas VII-E di SMP Swasta Imelda Medan Tahun Ajaran 2017/2018 berjalan dengan baik. Dapat dilihat dari hasil instrumen yang terus mengalami perkembangan di setiap siklusnya, yakni setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siklus I mengalami perkembangan sebesar 50% akan tetapi belum mencapai kategori baik maka penelitian dilanjutkan pada siklus II, pada tahap ini hasil yang dicapai sudah masuk kategori baik yaitu 80%. Berdasarkan hasil tersebut maka teknik brain gym dan penggunaan layanan bimbingan kelompok dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa. en_US
dc.subject Teknik Brain Gym en_US
dc.subject Layanan Bimbingan Kelompok, Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa en_US
dc.title Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Dengan Teknik Brain Gym Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa SMP Swasta Imelda Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account