dc.description.abstract |
Kreativitas merupakan suatu tuntutan pendidikan dan kehidupan yang sangat
penting pada saat ini. Kreativitas akan menghasilkan berbagai inovasi dan
perkembangan baru dalam suatu kehiduapan. Individu dan organisasi yang kreatif
akan selalu dibutuhkan oleh lingkungannya karena mereka dapat mampu
memenuhi kebutuhan lingkungan yang terus berubah dan mampu untuk bertahan
dalam kompetisi global yang dinamis dan ketat. Potensi kreatif yang sangat
penting tersebut pada dasarnya dimiliki oleh setiap anak, bahwa anak-anak
memiliki ciri-ciri oleh para ahli sering digolongkan sebagai ciri individu kreatif.
Model pembelajaran mind mapping melalui bimbingan kelompok dalam
penelitian ini merupakan proses pemberian bantuan kepada sejumlah individu
dengan memanfaatkan dinamika kelompok untuk meningkatkan segala potensi
yang dimiliki sejumlah individu serta untuk memperoleh informasi baru yang
akan di bahas melalui sebuah mind mapping yang mengajarkan siswa cara belajar
efektif dan menyenangkan bagi siswa karena membantu siswa untuk lebih kreatif
dan imajinatif. mind mapping termasuk cara kreatif, efektif, bagi peserta didik
secara individual untuk menghasilkan ide-ide, mencatat pelajaran dengan harapan
peserta didik dapat mengembangkan imajinasi secara bebas. Hal ini dimaksudkan
agar peserta didik mampu meningkatkan daya ingat terhadap materi yang
disampaikan oleh pendidik.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
penerapan model pembelajaran mind mapping melalui layanan bimbingan
kelompok melalui teknik modeling untuk meningkatkan kreativitas siswa SMP
Muhammadiyah 02 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Objek didalam penelitian
ini adalah siswa VIII-2 SMP Muhammadiyah 02 Medan yang berjumlah 8 orang
yang memiliki kreativitas yang masih rendah. Pelaksanaan layanan dilakukan
dalam satu siklus layanan bimbingan kelompok. Desain penelitian dalam
penelitian ini yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk
memperoleh data dan informasi dalam penelitian ini maka dilakukan observasi
dan wawancara. Teknik analisi data yang digunakan ialah pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis
data yang telah diuraikan, dapat dipahami bahwa penerapan model pembelajaran
mind mapping melalui layanan bimbingan yang di terapkan di kelas VIII-2 SMP
Muhammadiyah 02 Medan Tahun Ajaran 2022/2023 dapat meningkatkan
kreativitas siswa. |
en_US |