Research Repository

“Penerapan Model Pembejaran Mind Mapping Melalui Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VIII-2 SMP Muhammadiyah 02 Medan Tahun Ajaran 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author Hasibuan, Suryati Aulya
dc.date.accessioned 2023-11-24T03:32:44Z
dc.date.available 2023-11-24T03:32:44Z
dc.date.issued 2023-11-24
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22751
dc.description.abstract Kreativitas merupakan suatu tuntutan pendidikan dan kehidupan yang sangat penting pada saat ini. Kreativitas akan menghasilkan berbagai inovasi dan perkembangan baru dalam suatu kehiduapan. Individu dan organisasi yang kreatif akan selalu dibutuhkan oleh lingkungannya karena mereka dapat mampu memenuhi kebutuhan lingkungan yang terus berubah dan mampu untuk bertahan dalam kompetisi global yang dinamis dan ketat. Potensi kreatif yang sangat penting tersebut pada dasarnya dimiliki oleh setiap anak, bahwa anak-anak memiliki ciri-ciri oleh para ahli sering digolongkan sebagai ciri individu kreatif. Model pembelajaran mind mapping melalui bimbingan kelompok dalam penelitian ini merupakan proses pemberian bantuan kepada sejumlah individu dengan memanfaatkan dinamika kelompok untuk meningkatkan segala potensi yang dimiliki sejumlah individu serta untuk memperoleh informasi baru yang akan di bahas melalui sebuah mind mapping yang mengajarkan siswa cara belajar efektif dan menyenangkan bagi siswa karena membantu siswa untuk lebih kreatif dan imajinatif. mind mapping termasuk cara kreatif, efektif, bagi peserta didik secara individual untuk menghasilkan ide-ide, mencatat pelajaran dengan harapan peserta didik dapat mengembangkan imajinasi secara bebas. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik mampu meningkatkan daya ingat terhadap materi yang disampaikan oleh pendidik.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran mind mapping melalui layanan bimbingan kelompok melalui teknik modeling untuk meningkatkan kreativitas siswa SMP Muhammadiyah 02 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Objek didalam penelitian ini adalah siswa VIII-2 SMP Muhammadiyah 02 Medan yang berjumlah 8 orang yang memiliki kreativitas yang masih rendah. Pelaksanaan layanan dilakukan dalam satu siklus layanan bimbingan kelompok. Desain penelitian dalam penelitian ini yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data dan informasi dalam penelitian ini maka dilakukan observasi dan wawancara. Teknik analisi data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data yang telah diuraikan, dapat dipahami bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping melalui layanan bimbingan yang di terapkan di kelas VIII-2 SMP Muhammadiyah 02 Medan Tahun Ajaran 2022/2023 dapat meningkatkan kreativitas siswa. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Mind Mapping, Layanan Bimbingan Kelompok, Kreativitas en_US
dc.title “Penerapan Model Pembejaran Mind Mapping Melalui Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VIII-2 SMP Muhammadiyah 02 Medan Tahun Ajaran 2022/2023 en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account