dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan : (1) Mengetahui Implementasi kurikulum berbasis
industri dalam meningkatkan mutu lulusan SMK Negeri 1 Pancur batu, (2)
Mengetahui implementasi kurikulum berbasis industri di SMK Negeri 1 Pancur
Batu, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat
implementasi kurikulum berbasis industri untuk meningkat mutu lulusan SMK
Negeri 1 Pancur Batu. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif
dengan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakasek
Kurikulum, Wakasek kesiswaan dan Guru yang mengajar di SMK Negeri 1
Pancur Batu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kurikulum
Industri dalam meningkatkan mutu lulusan SMK Negeri 1 Pancurbatu SMK
Negeri 1 Pancurbatu adalah kurikulum yang mengadopsi atau pencampuaran
antara kedua kurikulum yaitu kurikulum merdeka dengan kurikulum industri. (2)
Pengimplementasikan kurikulum dalam meningkatkan mutu lulusan di SMK
Negeri 1 Pancurbatu adalah melakukan pembinaan, pelatihan keterampilan guru
melalui kegiatan workshop dan kegiatan magang bagi guru produktif. Kegiatan
worskhop memberikan pelatihan peningkatan pengetahuan dan keterampilan
melaksanakan proses belajar mengajar. (3) Faktor pendukung seperti ruang
belajar,Workshop, dan laboratorium untuk praktikum siswa, serta sumber daya
perofesionalisme guru dalam melaksanakan tugas khususnya. Faktor penghambat
adalah masih terbatasnya sarana dan prasarana seperti beberapa alat praktek
belum memenuhi kebutuhan seperti di industri. |
en_US |