dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dalam
meningkatkan efektivitas guru di SMP Negeri 1 Sipispis. Informan penelitian ini adalah
kepala sekolah dan guru. Kepemimpinan yang tepat membantu proses efektivitas guru
menjadi efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
kepemimpinan seperti apa yang diterapkan di sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di
SMP Negeri 1 Sipispis, mengetahui model manajemen yang akan diterapkan dan
mengetahui kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru.
Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan
metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
dengan wawancara dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan
kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi kerja guru menggunakan
perannya yaitu kepala sekolah sebagai educator, administrator, supervisor, leader,
innovator, dan motivator. Pola kepemimpinan partisipan yang diterapkan oleh kepala
sekolah diharapkan mampu meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 1 Sipispis.
Kendala dalam meningkatkan kinerja guru adalah faktor jabatan kepala sekolah yang
singkat, ketidak disiplinan beberapa guru dikarenakan jarak tempuh dari rumah ke
sekolah jauh, dan penghasilan atau honor yang diterima guru kecil. |
en_US |