Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat religiusitas dan literasi
halal terhadap keputusan membeli produk halal di Kabupaten Simalungun,
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif
dimana data yang diambil dari hasil penyebaran kuesioner, Lokasi Pelaksanaan
penelitian ini dilakukan di pasar baru jl. Sei Langgei Kecamatan Bandar Masilam
II, Kabupaten Simalungun, populasi dalam penelitian ini berjumlah 700
responden , teknik yang sampel yang digunakan adalah sampling slovin dengan
jumlah 255 responden. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis regressi linier berganda, adapun hasil penelitian ini
adalah , Dalam penelitian ini terdapat pengaruh Tingkat Religiusitas terhadap
keputusan pembelian produk halal di Kabupaten Simalungun karena t hitung >
tabel (3.075>1.650) dan signifikansi sebesar 0.002 < 0.05 Dalam penelitian ini
terdapat pengaruh literasi halal terhadap keputusan pembelian produk halal di
Kabupaten Simalungun karena t hitung > t tabel (4.324>1.650) dan taraf
signifikansi 0.000 < 0.05 Dalam penelitian ini variabel bebas yang terdiri dari
Literasi Halal, Tingkat Religiusitas secara bersama sama berpengaruh terhadap
keputusan pembelian produk halal dikarenakan nilai f hitung > f tabel (54.280 >
2.63) dan signifikansi sebesar 0.000 < 0.05.