dc.description.abstract |
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Adakah Pengaruh Bimbingan
Kelompok Dengan Menggunakan Pendekatan Humanistik Dalam Mengurangi
Perilaku Agresif siswa kelas VIII SMP MUHAMMADIYAH 08 Medan.
Intrument penelitian yang digunakan adalah berupa angket yang berisi 29
pertanyaan yang terdiri dari angket layanan bimbingan kelompok dan pertanyaan
untuk angket perilaku agresif siswa. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VIII-A SMP MUHAMMADIYAH 08 MEDAN yang berjumlah 32
orang dan siswa kelas VIII-B berjumlah 32 orang. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok
dengan menggunakan pendekatan humanistik untuk mengurangi perilaku agresif
siswa kelas VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 08 Medan. Pendekatan penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu untuk
mengetahui hubungan variabel bebas ( layanan bimbingan kelompok ) dan
variabel terikat ( perilaku agresif ). Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu penyebaran angket tertutup. Dari hasil penelitian yang
telah dihitung, ada pengaruh yang signifikan antara layanan bimbingan kelompok
dengan menggunakan pendekatan humanistik untuk mengurangi perilaku agresif
siswa. Dengan koefisien 6,606 dengan taraf signifikan 5 % bila dibandingkan
dengan yaitu 0,468 maka > atau 6,606 > 0,468. Kemudian
dapat dilihat dari pengujian hipotesis uji “t” diketahui adanya pengaruh yang
signifikan antara bimbingan kelompok dan perilaku agrsif dengan >53
atau 3,8305 > 2,119. Dan taraf signifikan ά = 5 % dan dk – N-2 = 18-2 =
16, berdasarkan perhitungan di atas diperoleh 3,8305 sedangkan
2,119 maka diterima dan 0 ditolak. Dengan kata lain hipotesis dapat
diterima. |
en_US |