dc.description.abstract |
Layanan bimbingan kelompok adalah layanan yang memungkinkan sejumlah
peserta didik secara bersama-sama memperoleh bahan dari narasumber tertentu
(terutama guru pembimbing atau konselor) yang berguna untuk menunjang
kehidupan sehari-hari bagi individu sebagai pelajar, anggota keluarga dan
masyarakat serta untuk mempertimbangkan dalam pengambilan keputusan.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan emotional intellegence
siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran
2017/2018, yang berlamat berada di Jln. Pelajar Teladan Timur. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan Subjek dan
Objek penelitian adalah: siswa kelas VII. Proses pengambilan data dilakukan
selama tiga minggu yakni pada bulan Februari 2018, dengan teknik pengumpulan
data wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan :
melalui layanan bimbingan kelompok yang dilakukan merupakan layanan yang
baik bagi siswa, hal ini terbukti pada perubahan sikap siswa di kelas maupun
diluar kelas, sudah menunjukkan kemampuan dalam mengenal emosi diri, mampu
mengatur emosi diri sendiri, mampu memotivasi diri sendiri, saling berempati,
dan dapat meningkatkan hubungan yang baik dengan sesama siswa, perubahan
tersebut setelah mendapat layanan bimbingan kelompok. Dengan demikian
bimbingan dan konseling sangat berperan dalam meningkatkan emotional
intelligence siswa. |
en_US |