Research Repository

Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Emotional Intellegence Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Hardiyanti, Ella
dc.date.accessioned 2020-03-10T02:19:36Z
dc.date.available 2020-03-10T02:19:36Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2267
dc.description.abstract Layanan bimbingan kelompok adalah layanan yang memungkinkan sejumlah peserta didik secara bersama-sama memperoleh bahan dari narasumber tertentu (terutama guru pembimbing atau konselor) yang berguna untuk menunjang kehidupan sehari-hari bagi individu sebagai pelajar, anggota keluarga dan masyarakat serta untuk mempertimbangkan dalam pengambilan keputusan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan emotional intellegence siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018, yang berlamat berada di Jln. Pelajar Teladan Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan Subjek dan Objek penelitian adalah: siswa kelas VII. Proses pengambilan data dilakukan selama tiga minggu yakni pada bulan Februari 2018, dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan : melalui layanan bimbingan kelompok yang dilakukan merupakan layanan yang baik bagi siswa, hal ini terbukti pada perubahan sikap siswa di kelas maupun diluar kelas, sudah menunjukkan kemampuan dalam mengenal emosi diri, mampu mengatur emosi diri sendiri, mampu memotivasi diri sendiri, saling berempati, dan dapat meningkatkan hubungan yang baik dengan sesama siswa, perubahan tersebut setelah mendapat layanan bimbingan kelompok. Dengan demikian bimbingan dan konseling sangat berperan dalam meningkatkan emotional intelligence siswa. en_US
dc.subject Layanan Bimbingan Kelompok en_US
dc.subject Emotional Intellegence en_US
dc.title Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Emotional Intellegence Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account