dc.description.abstract |
Bimbingan Belajar Terhadap pemahaman Gaya Belajar Siswa Kelas VII MTs
Islamiyah Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi yang digunakan
dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Islamiyah Medan T.P
2017/2018 yang berjumlah 90 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Sampel dalam
penelitian ini adalah kelas VII-3 karena kelas tersebut berdasarkan observasi dan
wawancara denganguru BK, kelas tersebut banyak yang kurang memiliki
pemahaman tentang gaya belajar. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini
adalah metode kuantitatif, yaitu suatu penelitian yang memaparkan keadaan
mengenai terjadinya pengaruh antara dua variabel. Instrumen yang digunakan
peneliti untuk mengukur variabel adalah angket. Layanan informasi bidang
bimbingan belajar memiliki pengaruh terhadap pemahaman gaya belajar dengan
nilai thitung dibandingkan dengan ttabel, thitung> ttabel (2,764>2,048) Sebagai kriteria
hipotesis diterima atau ditolak. Maka, H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji
determinasi dapat disimpulkan besar pengaruh layanan informasi bidang
bimbingan belajar terhadap pemahaman gaya belajar siswa kelas VII MTs
Islamiyah Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 adalah 21,43%. |
en_US |