Research Repository

KONVERSI BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SMP MENJADI MODUL BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING

Show simple item record

dc.contributor.author NIHAYA, WAJIHAN
dc.date.accessioned 2023-11-23T03:23:32Z
dc.date.available 2023-11-23T03:23:32Z
dc.date.issued 2023-11-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22611
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa modul pembelajaran yang dikonversi dari buku ajar Pendidikan Agama Islam tingkat SMP kelas VII. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Data penelitian yang diperoleh berasal dari analisis isi, studi pustaka dan dokumen serta validator yang terdiri dari 3 orang ahli, yaitu ahli materi, ahli bahasa da ahli desain. Hasil penelitian terkait konversi buku ajar Pendidikan Agama Islam telah menghasilkan produk berupa modul pembelajaran kelas VII pada tingkat SMP yang fokus pada materi semester ganjil dan terdiri dari 5 bab serta memiliki 4 tahapan hingga mencapai proses finishing, yaitu: planning, implementation, novelty, and validation. Adapun hasil validasi dari modul yang dinilai oleh para validator memperoleh persentase rata-rata 78,57% untuk tahap pertama dan 84,28% untuk tahap kedua dari ahli materi dengan kategori sangat layak, sedangkan untuk ahli bahasa mencapai persentase rata-rata 70,71% untuk tahap pertama dan 77,86% dengan kategori sangat layak dan dari validasi desain menghasilkan persentase rata-rata 70,00% untuk tahap pertama dan 81,00% untuk tahap kedua dengan kategori sangat layak. en_US
dc.subject Modul, Planning, Implementasi, Novelty, dan Validasi. en_US
dc.title KONVERSI BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SMP MENJADI MODUL BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account