Abstract:
Pada sepeda motor Tedapat Sebuah komponen dan Sistem Electrical Full
Injection(EFI) komponen Injector ini berfungsi Menginjeksikan fuel bertekanan
tinggi dari common rail sesuai dengan signal yang diberikan ECU dalam keadaan
kontak Tensioner atau keadaan combustion chamber engine pada timin Injection
optimum ,jumlah fuel injection,ratio fuel injection dan kondisi pengkabutan.Two Way Electromagnetic mengontrol tekanan di dalam chamber dari injector supaya
mengontrol start dan finish dari injeksi fuel.Orifice didalam control chamber
mengontrol sudut pembukaaan (angle of opening ) nozzle untuk mengontrol ratio
fuel injection.Tesumbatnya lobang nozzel mengakibatkan berpengaruhya tenaga
ekselerasi mesin sepeda motor menurun.ini mengakibatkan sepeda motor susah di
oprasionalkan kembali.untuk mengatasi membesikan kotoran dan kerak hasil sisa
sisa dari bahan bakar tesebut diperlukan pembuatan alat pembersih dan pengecekan
Injector.tujuan pembuatan alat injector ini agar teknisi dengan mudah membersikan
kotoran yang menyumbat di injector pada lubang lubang nozzel itu pembuatan alat
ini juga dapat memperpanjang usia pemakaian Injector.Metode pe ngembangan
adalah sebuah proses yang digunakan untuk mengembangkan dan meyelidiki
sebuah produk.Hasil pengujian alat ini menunjukan bahwa alat pembersih injector
berkerja dengan baik.pada saat pengujian dengan sepeda motor vario
125,pengkabutan injector menghasilkan +- 35ml/menit.jika sebuah injector
menghasilakn debih dari 15-20ml/menit.maka injector tersebut masi layak di pakai
dan digunakan.