dc.description.abstract |
Pendidikan adalah wadah yang dapat memberikan pengaruh taraf hidup dan
kualitas manusia. Fase pendidikan dasar adalah tahap yang memiliki peranan yang
cukup berharga untuk tumbuh kembang anak yang dapat mengubah taraf hidup
manusia dimasa depan. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Pengaruh
Penggunaan Metode 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Terhadap Kreativitas Siswa
Kelas IV SD Muhammadiyah 29 Sunggal. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan sampel yaitu Total Sampling dan total
sampel sebanyak 24 responden. Metode pengumpulan data menggunakan lembar
observasi untuk melihat tingkat kreativitas siswa. Hasil observasi kreativitas siswa
kelas IV SD Muhammadiyah Sunggal sebelum menggunakan Metode 3R (Reuse,
Reduce dan Recycle) diterapkan pada pembelajaran memiliki hasil skor kreativitas
pada rentang perolehan nilai rata-rata 37,6. Hasil ini memiliki arti bahwa
kreativitas siswa termasuk kedalam kategori sangat rendah. Hasil observasi
kreativitas siswa setelah diterapkan Metode 3R (Reuse, Reduce dan Recycle)
adalah seluruh siswa memiliki hasil skor kreativitas pada rentang nilai rata-rata
87,5. Hasil ini memiliku arti bahwa kreativitas siswa termasuk kedalam kategori
sangat tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000.
Nilai sig (2-tailed) yang diperoleh < 0,05 sehingga H1 diterima dan memiliki arti
bahwa Metode 3R (Reuse, Reduce dan Recycle) memiliki pengaruh terhadap
kreativitas siswa kelas IV SD Muhammadiyah Sunggal. Guru diharapkan dapat
meningkatkan kreativitas dalam mengembangkan dan memanfaatkan model-
model belajar yag bisa menambah keativitas siswa dan membuat kondisi
pembelajaran menjadi menarik. |
en_US |