Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan Guna Mengembangkan Budaya demokratis Di
Kelas XII Madrasah Aliyah Pondok Pesantren An-Ni’mah Asahan TA.2022/2023.
Pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge) merupakan salah satu mata
pelajaran yang harus dipahami oleh siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu analisis data dalam bentuk kata-kata,
kalimat atau paragraf yang dinyatakan dalam bentuk deskriptif dengan tiga
tahapan yaitu reduksi data, paparan data dan pengambilan keputusan sehingga
dapat memberikan gambaran masalah yang sedang diteliti di Kelas XII Madrasah
Aliyah Pondok Pesantren An-Ni’mah Asahan. Dalam penelitian ini yang menjadi
subjek primer adalah Guru PKn kelas XII dan Peneliti, serta teknik pengumpulan
datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan tingkat pemahaman guru
PKn di kelas XII tentang budaya demokrasi sekarang sudah dapat di katakan jauh
lebih baik dari sebelum dilakukannya penelitian ini. Hal ini guru sudah optimal
dalam memahami tentang konsep budaya demokrasi, komponen- komponen
budaya demokrasi, tipe-tipe budaya demokrasi dan nilai-nilai budaya demokrasi.
Sudah optimalnya tingkat pemahaman guru PKn tentang budaya demokrasi dapat
berdampak pada kemampuan guru PKn dalam mengolah kegiatan pembelajaran
yang memungkinkan peserta didik memperoleh banyak nilai demokrasi. Karena
pada dasarnya pemahaman guru PKn tentang budaya demokrasi ini akan
membantu mereka dalam dalam memilih dan mengolah strategi pembelajaran
yang demokratis sehingga dapat mendorong terwujudnya budaya demokrasi
sebagai tujuan akhir PKn.