Research Repository

Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Negeri 101947 Tanjung Buluh T.A 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author Lubis, Wirda Mega Ermita
dc.date.accessioned 2023-11-23T02:12:46Z
dc.date.available 2023-11-23T02:12:46Z
dc.date.issued 2023-11-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22566
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SD Negeri 101947 Tanjung Buluh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD Negeri 101947 Tanjung Buluh pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pengolahan data kuantitatif serta menggunakan teknik total sampling di mana seluruh populasi dijadikan sampel yang berjumlah sebanyak 50 orang. Variabel bebas adalah Model Pembelajaran Saintifik sedangkan variabel terikat yaitu berpikir kritis siswa. Proses pengambilan data menggunakan pretest dan posttest dengan skala penilaian 0 dan 1. Kemudian dianalisis menggunakan software SPSS versi 28. Hasil penelitian dari uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran saintifik dengan kemampuan berpikir kritis dengan signifikansi 0,025 < 0,05 dengan kesimpulan H1 diterima dan H0 ditolak serta nilai thitung adalah 2,306 > 2,0106. en_US
dc.subject Pembelajaran, Saintifik, Berpikir, Kritis. en_US
dc.title Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Negeri 101947 Tanjung Buluh T.A 2022/2023 en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account