dc.contributor.author |
Lubis, Wirda Mega Ermita |
|
dc.date.accessioned |
2023-11-23T02:12:46Z |
|
dc.date.available |
2023-11-23T02:12:46Z |
|
dc.date.issued |
2023-11-23 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22566 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa
kelas IV di SD Negeri 101947 Tanjung Buluh. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa SD Negeri 101947 Tanjung Buluh pada tahun ajaran
2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pengolahan data kuantitatif
serta menggunakan teknik total sampling di mana seluruh populasi dijadikan
sampel yang berjumlah sebanyak 50 orang. Variabel bebas adalah Model
Pembelajaran Saintifik sedangkan variabel terikat yaitu berpikir kritis siswa. Proses
pengambilan data menggunakan pretest dan posttest dengan skala penilaian 0 dan
1. Kemudian dianalisis menggunakan software SPSS versi 28. Hasil penelitian dari
uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran saintifik dengan
kemampuan berpikir kritis dengan signifikansi 0,025 < 0,05 dengan kesimpulan H1
diterima dan H0 ditolak serta nilai thitung adalah 2,306 > 2,0106. |
en_US |
dc.subject |
Pembelajaran, Saintifik, Berpikir, Kritis. |
en_US |
dc.title |
Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Negeri 101947 Tanjung Buluh T.A 2022/2023 |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |