Abstract:
Adanya hubungan kerjasama antara Korea Selatan dan Indonesia
memberikan pengaruhi terhadap kegiatan ekspor dan impor. Kerjasama Korea
Selatan dengan Indonesia memberikan peluang masuknya Korean Lifestyle ke
Indonesia yang dapat dikonsumsi atau diserap dengan baik oleh anak muda saat ini
yang akan berpengaruh terhadap perilaku dan pengembangan bisnis UMKM anak
muda di Kota Medan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Melakukan analisa secara
ekonomi perkembangan ekspor dan impor Indonesia dan Korea Selatan pada tahun
2017-2022. (2) Melakukan estimasi impor dari Korea Selatan ke Indonesia tahun
2014-2022. (3) Melakukan analisa faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku dan
perkembangan bisnis UMKM anak muda dengan adanya Korean Lifestyle di Kota
Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik
pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan cara snowball sampling
menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 82 pelaku UMKM di Kota Medan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu berasal dari
website-website resmi seperti Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian
Perdagangan, dan penyebaran kusioner melalui googel form. Teknik analisis data
yang digunakan pada penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan
meggunakan program, eviews-10 dan analisi faktor dengan program Smart PLS 3.0.
hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendapatan per Kapita, Nilai Tukar dan Inflasi
berpengaruh dan signifikan terhadap impor Korea Selatan dan Faktor Psikologis
berpengaruh dan signifikan terhadap perilaku dan pengembangan bisnis UMKM
anak muda di Kota Medan